20 Juli 2010

ojo dumeh

kalau di Indonesiakan artinya "jangan mentang-mentang", dalam versi gaulnya "jangan sok deh loe". Ojo dumeh merupakan salah satu filosofi made in Jawa yang nggak akan ada matinye sampai kapan pun. This in one of great words that can make big influence. salah satu kata favorit gue juga.
Ntah kenapa pagi itu mendadak hati gue kesel setelah mendengar percakapan Ibuku dengan salah satu tetangga gue. Emang dari dulu, gue udah nggak respect ma orang ini. Kalaupun selama ini baik, lantaran emang udah kewajiban gue menghormati orang yang lebih tua. Cuman jangan harap gue bakal men"gugu" omongan dia. Orang tua yang nggak nyadar kalo dia udah tua, selalu ngomong besar dan begitu over dengan semua kepunyaan dia, yang menurut gue malah membuka kelemahan dia sendiri. Selalu bangga dengan anak dia yang sarjana itu, padahal ya hal wajar kalau seorang sarjana bisa gawe di bank. Kecuali kalo dari lulusan SMA trus bisa seperti itu baru deh boleh bangga!. Dan kalo udah kayak gitu serasa yang isa merasakan bahagia cuman dia doang.??

Gue pun hanya tertawa dalam kemuakkan itu, dan berusaha berdamai dengan pikiran gue sendiri, soalnya kalau diurusi yang bakal capek ya diri kita sendiri. Gue yakin gue mampu dan bisa "berdiri" diatas kaki gue sendiri. Gue juga yakin gue masih bisa bersyukur dengan semua keadaan gue. Ojo dumeh kaya kemudian meremehkan, ojo dumeh miskin kemudian menjadi pasrah dengan keadaan, ojo dumeh sarjana kemudian merasa udah hebat, karena semua kesenangan dunia itu relatif dan tentunya diatas langit masih ada langit :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
not ordinary ◄Design by Pocket 'n customize by uniedutz, BlogBulk Blogger Templates