19 Januari 2013

NgeBlog itu ya...”menulis” :D


Gue suka bingung, jika ada yang minta ke gue “mbak, ajarin ngeBlog ....”. Hmmm... gue bingung harus mulai darimana ngajarinnya? {dan semoga jawaban mereka bukan “ajarin semuanya :D” #nyebur laut}

Baiklah...kali ini akan gue tulis secara singkatnya saja {kalau masih bingung bisa cari penjelasan lengkapnya di google :D} langkah-langkah untuk punya sebuah Blog {di Blogger.com}. Lumayan simple kok, nggak serumit kedengarannya.

1. Buat email di Gmail.com
{kenapa di gmail? Karena email ini otomatis konek ke blogger}

2. Daftar di Blogger.com {isi formulir seperti petunjuknya}
Kalian bisa membuat nama sesuai yang kalian inginkan {asalkan masih tersedia}, dan bisa memilih juga template {tampilan} yang disediakan.

3. Mulai posting
Setelah langkah pertama dan kedua sukses, inilah saatnya kita untuk menulis di Blog {posting} dan ini merupakan bagian penting dari ngeBlog. Karena baik nggaknya kualitas seorang Blogger dinilai dari isi {konten} Blognya. Tentu saja ini berhubungan dengan kemampuan menulis yang dimiliki. Bisa juga sih kita hanya posting berupa kumpulan foto-foto, tapi kalau cuma foto tanpa tulisan nantinya blog kita jadi sulit kebaca di search engine {google}.

Tidak harus bisa nulis seperti seorang jurnalis di surat kabar, yang penting tulisan kita Enak Dibaca! {antara lain tidak membuat orang yang membaca tulisan kita mendadak migrain, ingin  muntah, atau hidungnya tersumbat..wkwkkw}. Enak dibaca disini mungkin bisa terasa berbeda untuk orang-orang tertentu. Biasanya patokan gue sih jangan sampai kita sendiri eneg membaca tulisan yang kita buat.

Dan untuk bisa membuat tulisan yang enak dibaca tentu saja lewat proses belajar. Sayangnya, kita suka nggak sabar dengan dengan yang namanya proses, sehingga banyak bermunculan blog2 yang isinya dari hasil copy paste semua {kalau seperti ini namanya bukan ngeBlog tapi ngeBlat alias menjiplak :p}dan seorang Blogger sejati pantang melakukan ini. Kalaupun terpaksa mengutip dari Blog lain, kita harus tetap menulis sumbernya secara jelas {ingat, ini salah satu tata krama ngeBlog :D. Dan salah satu sarana keren untuk belajar menulis ya lewat ngeBlog. Mulailah dengan menulis apa saja yang ingin kamu tulis {yang jelas NO SARA dan NO SARU}. Tentang ide-ide, tentang impian, tentang kejadian-kejadian setiap hari, tentang hal-hal menarik yang kita sukai dan banyak lainnya #just write that.

Nggak usah takut dianggap alay, biasanya di awal2 latihan menulis seringkali kata/kalimat yang kita gunakan terasa aneh {gue juga suka ngakak sendiri kok, kalau membaca tulisan2 lama gue yang ternyata alayyy banget}. Nggak usah minder, inilah proses. Perbanyak membaca, belajar dari blog-blog lain dan teruslah menulis. Suatu saat kita pasti akan menemukan sendiri gaya menulis yang benar-benar “ini gue banget”.

Setelah kita merasa nyaman dengan gaya tulisan yang kita miliki, baru deh kita memikirkan Tema sehingga kita bisa mengatur konten yang akan kita buat. Makanya seringkali seorang blogger memiliki lebih dari satu Blog. Satu untuk belajar, biasanya temanya masih campur-campur, satu lagi untuk tema yang lebih spesifik misalnya tentang musik, tanaman, memasak, otomotif, dan banyak hal lainnya sesuai dengan apa yang paling kita senangi.

Setelah blog kita jadi, jangan lupa untuk rutin update dan ngeShare {bisa lewat facebook, twitter atau social media lain} biar pengunjung blog kita makin bertambah. Karena jika pengunjung blog kita banyak, siapa tau juga blog kita bisa menghasilkan uang dari iklan yang kita pasang {contohnya dari google adsense}.

Gimana, siap ngeBlog sekarang? Hahhaha...kalau masih bingung jangan malas untuk mencari pencerahan ya....semangattt!! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
not ordinary ◄Design by Pocket 'n customize by uniedutz, BlogBulk Blogger Templates