22 Mei 2010

bukan OP biasa

Operator Warnet atau biasa disebut OP, merupakan salah satu jenis pekerjaan yang udah nggak asing lagi buat kita. Apalagi dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi internet, yang isa diliat dengan semakin menjamurnya bisnis warnet dimana-mana dan OP merupakan salah satu faktor pendukungnya. Nggak pernah nyangka kenapa gue isa menjadi seorang OP, walaupun gue pernah punya mimpi that suatu saat akan ku taklukkan apa itu yang namanya "internet" :D. Karena memang pas jaman gue SMA (Th.2002-an), perkembangan internet lom seperti saat sekarang ini. Kalo sekarang mah anak SD ajah udah pada pinter-pinter.

Dengan modal nekat akhirnya gue terima ajah pas ditawari pekerjaan ini. Gimana nggak nekat, kemampuan komputer gue cuman isa ngetik doang, maklum dulunya gue adalah seorang kasir toko yang setiap hari cuman ngetik barcode *hehehe. Kalo inget gimana gapteknya gue pas pertama kerja, jadi pengen ketawa sendiri. Beneran butuh kerja keras dan rasa "cinta" untuk isa menjadi seperti sekarang. Pekerjaan multi fungsi, nggak seperti yang dipikirkan orang-orang kalo OP tuh tugasnya hanya nungguin komputer dan terima uang *emangnya wartel??Dibalik itu semua tersembunyi banyak tugas yang harus dilakukan oleh seorang OP, diantaranya :

1. Guru private
Ngajari user yang lom ngerti, dari cara bikin email, buat facebook sampai cara bikin blog udah menjadi "makanan" tiap hari. Parahnya lagi kalo ada user yang lom ngerti komputer sama sekali :hammer: bisa-bisa kita ngajarin satu² dari gimana idupin komputer, cara ngetik, cara copy paste, cara nge print dll. *huaaaaaaaaaa..yang bikin mo nangis tuh kalo dalam satu warnet ada lebih dari 2 orang yang minta diajarin, isa capekk nih kaki karena bolak balik mulu'
But terlepas dari semua itu, jujur ajah gue ngerasa seneng kalo isa membagi ilmu dengan mereka. Dari yang semula nggak tau menjadi tau, keyakinan gue sih kalo kita berbuat baek tentunya kebaekan pula yang akan kita dapat. Setidaknya ini menjadi perwujudan dari rasa cinta gue terhadapat negara, dengan ikut mencerdaskan bangsa :D *meskipun bukan dengan hal besar.

2. Teknisi
Misalnya mendadak komputer hang, printer macet mau nggak mau ya kita yang benerin, apalagi kalo warnetnya nggak punya tehnisi tetap. Urusan Install menginstall program, scan virus, network connection mesti dikuasai. Masih tambah lagi kalo warnetnya ada game online, wajib hukumnya jadi gamer *malu dong kalo pas ditanya bilang nggak tau.

3. Editor
Mulai dari foto, file word apalagi excel. Dengan munculnya trend friendster sampe facebook banyak user yang sebagian besar anak sekolah, minta diajarin edit foto mereka. Belom lagi kalo dah urusan file excel yang minta di print tapi settingannya masih amburadul, hadohhh harus benerin satu² yang tentunya butuh extra kesabaran kalo nggak mau dibilang jutek karena mengerjakannya dengan setengah hati :D

4. Cleaning service
Menyapu, ngepel lantai, bersihin sampah adalah wajib hukumnya buat seorang OP. Meskipun kalo dirumah jarang ngerjain pekerjaan kayak gitu, tapi semua itu harus tetap dikerjakan. Menjadi tempat belajar mandiri. Semua itu gue anggap seperti layaknya rumah gue, yang harus gue jaga karena kalau bersih ya gue ikut ngrasain kok. Menjaga kebersihan merupakan salah satu wujud kalo kita "cinta" dan itu akan gue lakukan dimanapun gue berada.

5. Sekretaris dadak'an
Itung mengitung stock minuman, buat laporan, kadang disuruh buatin price list lah, kirim email lah, serasa jadi sekretaris beneran. Kalo dipikir beban ya emang berat, tapi semua itu bikin tambah pinter. Ketemu dengan berbagai karakter orang tiap hari, membuat kita tambah PD dan nggak malu-malu lagi kalo ngomong ma orang lain. Apalagi warnet tempat gue kerja dekat dengan hotel dengan tamu orang-orang asing yang sering ngenet, lagi-lagi kita dituntut bisa bahasa inggris kan *direct conversation coy...hahahhaha
Berdasar pengalaman gue pelayanan beneran menjadi kunci utama. Kalau kita melayaninya baek, tuh bule bakalan "betah" deh. Don't worry..gue akan buktiin kalo Indonesia tuh negeri yang ramah :)

6. Psikiater
Hahahhaha..ternyata user-user di net banyak yang curhat ke OP. Dari masalah yang biasa sampe yang menyangkut masalah keluarga. Jangan heran ya kalo anak OP tuh jago ngasih solusi *ternyata chat banyak manfaatnya lho, salah satunya ya ini. Kalo nggak isa ngasih solusi, setidaknya jadi pendengar yang baek ajah. Dijamin tuh user bakalan balik lagi ke net, karena mereka merasa diperhatikan *pengalaman pribadi nih.

Itulah beberapa tugas utama seorang OP, lom lagi tugas yang nggak terduga misalnya disuruh nyariin tugas anak-anak sekolah *biasanya gue nggak mau kalo cuman minta dicariin, malah yang ada tuh bocah gue marahin karena males :D, kalo mau ya gue ajarin caranya trus ntar nyari sendiri. Kadang juga sering jadi baby sitter karena orang tua mereka yang sibuk sendiri. Tapi jadi Op juga banyak senengnya, isa ngenet gratis tiap hari, punya banyak temen nyata maupun maya :D nggak jarang ada yang berasal dari luar negeri. Lewat dunia maya kita isa mengenalkan Indonesia kepada mereka.

So..jangan ngira ya kalo OP tuh cuman duduk-duduk ajah dan nggak berbuat apa-apa. Apapun pekerjaan kita, cintailah!! karena dengan cinta, semua beban jadi nggak terasa. Buktikan kalo kita adalah anak-anak bangsa yang aktif, kreatif dan peduli dengan memberikan andil sesuai dengan pekerjaan kita masing-masing. Hmm..kalo semua orang Indonesia mikirnya kayak gitu, pastinya akan tercipta Negara "RAMAH" yang menjadi impian kita. Amin
Photobucket

9 komentar:

  1. ane keduaX nggak pape kok :D

    BalasHapus
  2. benar-benar jeritan hati OP..
    bener, banyak orang mengenal BALI saja, eh ralat Jepara pun terkenal lho hehe..

    *hidup OP*

    BalasHapus
  3. @pak Dhe afiq : sebagian besar Pak dhe...

    BalasHapus
  4. aku kasih "JDEMPOL" ....dech.!!
    uasemm..keren dude,....

    BalasHapus
  5. bagus mbk...Q setuju bgt sama postingan ini..ukey bgt ^_^

    BalasHapus
  6. kk q siji iki encen kereaktif coeee

    BalasHapus
  7. ata:thankyu2 :D keep posting coy
    olive:Don't make OP hurt!! pokokman..
    roiz: ayo dude..semangatttt :D

    BalasHapus
  8. ck....ck... encen sippp Un, not Ordinary OP,

    BalasHapus

 
not ordinary ◄Design by Pocket 'n customize by uniedutz, BlogBulk Blogger Templates